Tunjang Administrasi Digital Kepegawaian, MTs Negeri 2 Sleman Selenggarakan Bimtek Simpeg 5

Kamis, 18 Maret 2021 MTsN 2 Sleman mengadakan bimtek intensif Simpeg 5. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran dari Kantor Kementerian Agama Kantor Wilayah DIY. Bertempat di ruang aula, bimtek dimulai pada pukul 09.30 WIB.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala MTsN 2 Sleman, Bapak Drs. H. Sigit Sugandono. Hadir dalam bimtek tersebut adalah staff dari bagian Kepegawaian Kemenag Kanwil DIY, yaitu Bapak Ihsan Abadi, S.Sos. dan Bapak Eka Wahana. Seluruh kegiatan dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar dan dengan mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Seluruh narasumber dan peserta bimtek menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas serta interaksi).

Simpeg 5 merupakan sistem informasi manajemen kepegawaian di Lingkungan Kementerian Agama yang merupakan pengembangan dari simpeg 4. Perbedaan simpeg 4 dan simpeg 5 terletak pada siapa yang bisa mengakses. Pada simpeg 5 ini semua pegawai di bawah naungan Kemenag bisa mengakses, bukan hanya admin saja.

Dalam bimtek ini, selain pengenalan dan praktik langsung mengakses simpeg 5, narasumber juga menerangkan tentang akun google drive sebagai penyimpanan bersama seluruh madrasah se-Sleman, mulai dari MIN hingga MAN.

Terkait dengan kegiatan bimtek ini, para guru dan pegawai MTsN 2 Sleman berharap sistem manajemen kepegawaian akan menjadi semakin lebih mudah dan praktis. Sejalan dengan harapan tersebut, pihak narasumber juga mengatakan hal yang serupa.

“Harapannya, segala berkas terkait dengan kepegawaian, termasuk berkas mutasi, semua akan diwadahi oleh aplikasi simpeg 5 dan ketika banyak yang mengakses tidak akan terjadi server down,” papar Eka Wahana.