Tingkatkan Life Skill Siswa, MTsN 2 Sleman Adakan Ujian  Praktik Berbasis Kecakapan Hidup

Senin sampai dengan Jumat (14-18 Maret 2022), seluruh siswa kelas IX MTs Negeri 2 Sleman mengikuti ujian praktik di madrasah. Adapun mata pelajaran yang diujikan selama lima hari tersebut adalah Seni Budaya, Prakarya, Olahraga, Jurnalistik, Bahasa Jawa, serta Tahfidz. Seluruh kegiatan ujian praktik diatur sedemikian rupa agar tetap bisa berjalan kondusif dan memenuhi protokol kesehatan.

Ujian yang dilaksanakan cenderung meningkatkan life skill siswa, misalnya pada ujian Prakarya. Siswa diwajibkan membuat telur asin. Contoh lain adalah pelajaran Seni Budaya. Siswa diminta untuk melakukan kegiatan 3R (Reduce, Reuse, Recyle) dengan cara mengubah kaleng bekas menjadi pot hias yang cantik. Ke depannya, siswa diminta untuk memanfaatkan masing-masing pot yang dibuat untuk menanam di madrasah. Dengan demikian, siswa menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan ujian praktik yang diikuti siswa di setiap harinya adalah satu mata pelajaran, sedangkan pada hari terakhir (Jumat) siswa mengikuti satu mata pelajaran ditambah tahfidz. Setiap harinya, setelah mengikuti ujian praktik, siswa mengikuti kegiatan pemadatan (les menghadapi ASPD yang dibimbing oleh guru empat mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA).

“Selama lima hari ini, ujian praktik yang diadakan hanya beberapa mata pelajaran saja. Untuk mata pelajaran yang lain, ujian praktik akan dilaksanakan setelah ujian madrasah,” papar Drs. H. Sigit Sugandono, Kepala MTsN  2 Sleman.